Termite Control

Termite Control

Rayap adalah serangga sosial anggota infraordo Isoptera, bagian dari ordo Blattodea yang dikenal luas sebagai hama penting kehidupan manusia. Rayap bersarang di dan memakan kayu perabotan atau kerangka rumah sehingga menimbulkan banyak kerugian secara ekonomi.

Jenis Rayap:

  1. Rayap pohon jenis-jenis rayap yang menyerang pohon yang masih hidup
  2. Rayap kayu lembab menyerang kayu mati dan lembab, bersarang dalam kayu, tak berhubungan dengan tanah
  3. Rayap kayu kering hidup dalam kayu mati yang telah kering. Hama ini umum terdapat di rumah-rumah dan perabot-perabot seperti meja, kursi dsb.
  4. Rayap subteran yang umumnya hidup di dalam tanah yang mengandung banyak bahan kayu yang telah mati atau membusuk, tunggak pohon baik yang telah mati maupun masih hidup
  5. Rayap tanah Mereka bersarang dalam tanah terutama dekat pada bahan organik yang mengandung selulosa seperti kayu, serasah dan humus

Masalah yang di timbulkan :

  1. Menimbulkan kerugian material.
  2. Merusak segala jenis kayu dan segala perabot atau furniture yang berasal dari bahan yang mengandung selulosa.

Pengendalian :

Kerusakan yang diakibat oleh aktivitas rayap memang menakutkan karena sifat rayap yang tidak menyukai sinar sehingga membuat manifestasi dan perkembangbiaknya tidak terlihat sampai kerusakan terhadap asset ditemukan. Sistem mencari makan rayap yang seharian penuh dan arahnya bersifat random membuat kerusakan akibat rayap tidak dapat diprediksi lokasinya sehingga membutuhkan keahlian dan ketelitian mendalam untuk menangani hama jenis ini. Mouska dalam menangani hama rayap menggunakan system sentricon yang mana merupakan system pengendalian hama rayap terbaik di Amerika dan teraplikatif dengan baik di Indonesia. Dengan menggunakan bahan aktif hexaflumoran (non pesticide) terbukti ampuh mengeliminasi rayap sampai 100%. Pemasangan unit di sekeliling bangunan yang berfungsi untuk melindungi bangunan dari rayap dari lingkungan sekitar dan pemasangan unit didalam bangunan yang terdapat aktivitas rayap untuk mengeliminasi koloni rayap yang menyerang. Penggunaan system ini bersifat cepat, bersih, tidak bebau dan tidak mengganggu aktivitas.